Latest News

Adbox

08 October 2013

Perbaikan Jalan Lingkungan

Alhamdulillah, akhirnya perbaikan jalan lingkungan di Perum Kalibaru Permai tepatnya di wilayah RT04 dan RT05 blok C terlaksana juga. Jalan yang kemarin rusak karena banyak batuan kerikil dan lubang sekarang menjadi mulus lagi.

Sebenarnya rencana perbaikan jalan di lingkungan perumahan sudah cukup lama di bahas baik ditingkat RT maupun di tingkat RW, namun karena luasnya lahan yang harus diperbaiki dan biaya yang cukup besar yang harus ditanggung warga untuk perbaikan, rencana ini terus menerus tertunda, bisa di maklumi karena prioritas tiap keluarga dalam memanage keuangan keluarga berbeda-beda. Kerusakan jalan di tiap wilayah/RT juga berbeda tingkat kerusakannya.

Karena itu akhirnya perbaikan jalan diarahkan ke tingkat RT, artinya RT bisa mengagendakan perbaikan jalan lingkungan langsung ke warganya dengan begitu jadi lebih mudah dalam pelaksanaannya.

Adalah pak Taufiq dari RT 05 dan pak Harry dari RT 04 yang kemudian mencoba mengajak warga RT mereka untuk melanjutkan rencana perbaikan jalan lingkungan, maklumlah tingkat kerusakan jalan di blok C dimana RT04 dan RT05 berada sudah lumayan parah.

Setelah beberapa pertemuan dengan warga dari kedua RT akhirnya warga setuju untuk melakukan perbaikan jalan, kendala yang ada adalah biaya yg cukup tinggi untuk perbaikan jalan di blok seluruh blok C, akhirnya disepakati bagian jalan yang diperbaik di blok C adalah hanya di  RT05 dan ruas jalan perbatasan yang sebagian masuk wilayah RT04 dan RT05.

Untuk mensiasati biaya yang tinggi yang harus ditanggung oleh setiap rumah yaitu sebesar Rp. 1 juta, maka dibuat program angsuran selama 6 bulan yang harus sudah lunas pada bulan September 2013. Karena perbaikan ini sifatnya swadaya warga tidak ada kewajiban warga untuk mengikuti projek ini, ada beberapa warga yang tidak berpartisipasi.

Projek yang dikomondani pak Andika ini, ternyata bisa di realisasikan  lebih cepat dari rencana yaitu pada bulan Juli 2013,  tepatnya pada tanggal 27 Juli sudah dimulai perbaikan.

Perbaikan sudah terlihat pada sabtu pagi, dengan dilakukan penambahan batuan cor ke seluruh badan jalan secara merata kemudian dipadatkan dengan mesin penggiling seberat 2 ton setelah itu di lapisi lagi dengan kerikil panas dan dipadatkan lagi. Pelapisan aspal dilakukan sebanyak 2 kali agar kualitas aspal menjadi lebih baik dan kuat.
salah satu sudut  jalan sebelum perbaikan

penyebaran batuan cor ke seluruh badan jalan

proses pemadatan sebelum pengaspalan

Dimulai dari ruas jalan di RT05 yang ada lapangan basket, kemudian kearah depan perbatasan RT04 dan RT05 dilanjutkan ke arah masjid Baitussalam, pengerjaan dilakukan sabtu dan minggu.

perbaikan jalan dgn latar belakan lap basket di blok C

Sepanjang pengerjaannya, kegiatan ini menjadi tontonan yang menarik dari warga dan anak-anak, mereka bisa melihat proses perbaikan jalan dari awal hingga selesai dan semua senang dan bersyukur karena perbaikan jalan bisa terlaksana beberapa minggu sebelum lebaran Idul Fitri tiba, semakin lengkaplah kebahagiaan warga perum Kalibaru Permai menyambut kedatangan hari raya Idul Fitri dengan jalan-jalan yang halus seperti terlihat pada foto-foto dibawah ini.

pelapisan kerikil aspal yang pertama

pelapisan kerikil aspal yg pertama
Pelapisan kerikil aspal yang ke-2

"Semoga apa yang telah dilakukan di RT04 dan RT05 ini bisa dijadikan contoh atau role model untuk RT lainya dalam memperbaik lingkungan di wilayahnya masing-masing", demikian ungkapan pak Dhorifi selaku ketua RW ketika melihat perbaikan jalan lingkungan yang dilakukan warga blok C.
dibawah pengawasan langsung pak RT05

Gembiranya anak-anak bermain dijalan yg halus

Gembiranya anak-anak bermain dijalan yg halus

No comments:

About

Weblog yang memberikan informasi seputar kegiatan yang berlangsung di Perumahan Kalibaru Permai, Cilodong, Depok.

Recent Post